Diburu! Kulit Harimau Sumatera


Harimau Sumatera kini makin di ujung kepunahan. Selain karena faktor alam akibat penyempitan lahan, juga akibat diburu orang-orang tak bertanggung jawab, untuk dikuliti lalu dijual.

Buktinya:

Tanggal 16 bulan Juli 2008 lalu, Panthera Tigris Sumatrensis berbulu eksklusif ini, ditemui kulitnya oleh tim gabungan Poltabes, KSDA, POM dan SPORC (Satuan Polisi Kehutanan Reaksi Cepat) Jambi dari tangan seorang berinisial MI, warga Kabupaten Merangin-Jambi, saat hendak dijual kepada seseorang di Kota Jambi – tentunya juga seorang penjahat fauna.

Sadisnya Lagi:

Selain kulit, Petugas juga berhasil menyita kaki dan kepala harimau malang itu dalam keadaan masih utuh. Juga ada tulang belulang harimau – semuanya mau dijualnya!

Untungnya:

Kini tersangka diamankan di Poltabes Jambi guna penyelidikan lebih lanjut. Kapoltabes Jambi, Kombes Pol Drs Eko Danianto, MM melalui Kasat Reskrim Poltabes Jambi, AKP Leo N Surya Simatupang dikonfirmasi Jambi Ekspres membenarkan penangkap pelaku pencuri kulit harimau tersebut.

Harapan:

Petugas dan pihak terkait lainnya harus memperkuat aturan dan pengawasan di lapangan, agar Harimau Sumatera tidak punah….

Masyarakat harus sadar…hewan yang dilindungi ngga usah di jual deh!..apa lagi yang mau kita banggakan…kalo semua mau dijual…

~ by donapiscesika on August 8, 2008.

One Response to “Diburu! Kulit Harimau Sumatera”

  1. Mungkin kesadaran masyarakat akan kelestarian satwa ada kaitannya dengan perekonomian juga. Karena di negara maju justru semua orang menghargai dan melestarikan hewan di sekitarnya seperti di suatu daerah di Colorado springs, deer berkeliaran di halaman rumah penduduk tidak ada yang menggangu gugat dan banyak rumah yang menyediakan makanan untuk humyngbird. Kalau kondisi masyarakat kita yang masih miskin susah untuk melakukan hal tesebut karena ngak ada yang dimakan ya dibunuh untuk dimakan atau dijual untuk mendapatkan uang. Demikian pendapat saya yang ngawur mbak Donna. Terimakasih

    ====>>> pendapat mbak sangat memberi pencerahan…semoga banyak orang yang merenungnya…semoga pula pemerintah segera mencari jalan keluar untuk mengeluarkan masyarakat dari kemiskinan…dan mengubah pola hidup masyarakat menjadi lebih tertib….amin…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: