Pulang ke Dusun, Lepas Kangen, No Blog..

Gembira rasanya…sore ini akhirnya bisa menggapai cita..pulang ke dusun…

Sebagai anak yang terlahir di pelosok desa, aku punya banyak kenangan Lebaran super indah sedari kecil…

 

Di dusun yang jarak tempuhnya 12 jam dari Kota Jambi itu..dulu aku pernah sangat rela jalan kaki berkilo-kilo hanya untuk nimbrung keramaian desa tetangga..agar bisa naik buaian “keling” (*buaian putar terbuat dari kayu tanpa mesin, harus diputar staf khusus).

 

Di dusun yang sepi dan berhutan lebat itu..dulu aku pernah gatal-gatal karena baju gaun baruku yang mengembang..penuh dengan tonjolan benang nilon, menusuk-nusuk dan buat gerah…

 

Di dusun yang pinggirannya penuh sawah itu…dulu aku pernah menghabiskan lebaran dengan kegiatan “menagguk” (* menangkap ikan dengan alat tangkap dari anyaman bambu) …jadi jangan heran..saat lebaran tiba…anak-anak bukannya tampil rapih tapi malah penuh lumpur parit sawah…

 

Di dusun yang dingin itu…lima hari libur ku tahun ini akan dihabiskan..berkumpul dengan ibu, bapak..satu-satunya adik laki-laki ku dan juga suami tercinta….

 

Tapi..di dusun itu…aku mungkin ngga bisa ngeblog…aku ngga begitu yakin Flash andalanku bisa berfungsi cepat dan lancar di sana..berhubung untuk mendapatkan sinyal GSM saja…semua HP harus kami gantung di pintu dengan keranjang khusus..Pasti akan kangen dengan sahabat Blogger semua….tapi aku janji saat kembali ke Kota Jambi…akan ku rangkum cerita tentang dusunku yang indah itu…Selamat Lebaran semua…Maaf Lahir Bathin….i’ll be missing u all..

 

~ by donapiscesika on September 29, 2008.

12 Responses to “Pulang ke Dusun, Lepas Kangen, No Blog..”

  1. Nikmati keindahan alammu di desa, lupakan sejenak ngeblog yang bisa dilakukan kapan saja.
    Tapi menikmati kesunyian, keteduhan, diiringi nyanyian burung adalah hal yang langka.

    ====>>> BENAR BUK..DI DESA ITU .. PAGI-PAGI AKAN ADA ALARM KHUSUS YANG MEMBANGUNKAN WARGA DESA…ALARM ITU ADALAH KICAUAN YANG BERASAL DARI BERAGAM JENIS BURUNG..BERGANTIAN BERTERIAK INDAH…ALARM YANG NGGA AKAN DITEMUKAN DI TOKO MANAPUN…
    …MAAF LAHIR BATHIN BUK…SALAM BUAT KELUARGA ..

  2. Membaca postingnya aku ingin menebak kemana Dona pergi sekeluarga. Pada tahun 1999, aku pernah ke satu tempat di lereng gunung Kerinci, disana ada danau namanya danau tujuh, disana ada air terjun namanya Talun Barasok, lembahnya disebut Lembah Mangirai. Aku seminggu disana melakukan supervisi pemasangan patok batas propinsi Jambi dengan Sumbar oleh Jawatan Topografi Angkatan Darat. Mungkin kampung Dona tidak jauh dari sana ya. Daerah yang indah dan sejuk karena berada pada ketinggian 2400 mdpal.

    ====>> TEPAT PAK SON…TOPOGRAFI DAERAH KERINCI SECARA UMUM MEMANG MIRIP…SEMUA AREA (DESA/KECAMATAN/KOTA KABUPATEN) DIKELILINGI OLEH GUNUNG DAN PERBUKITAN….SECARA OTOMATIS SEMUA SISI LERENG BUKIT/GUNUNG ADALAH TEMPAT PENDUDUK KERINCI TINGGAL…KEBETULAN SAYA TINGGAL DI LERENG YANG ADA CEKUNGAN DANAU KERINCINYA…MESKI AGAK JAUH DARI DANAU GUNUNG TUJUH – TEMPAT BPK MELAKUKAN SUPERVISI DULU – TP KESEJUKAN DAN KEINDAHANNYA TAK JAUH BEDA…MAKLUM..DI KERINCI ADA BANYAK DANAU YANG INDAH…YANG TERKENAL DIANTARUANYA DANAU KERINCI, DANAU GUNUNG TUJUH, DANAU LINGKAT DLL….SEMOGA BISA KEMBALI MENINJAU DAERAH YANG INDAH ITU YA…MAAF LAHIR BATHIN PAK…SALAM BUAT KELUARGA…

  3. Met Mudik Ya…!!! Met Idul Fitri juga Ya…!!! Maaf Lahir Bathin Dona……

    PS. Kalo nggak dapet signal. Internetannya di gantung di pintu ajaaaaaaaaaaah…

    ===>>> HAHAHA..SAMA-SAMA PAK DE…MAAFKAN SEMUA KESALAHAN KU JUGA YA..BTW..SAAT MEMBALAS KOMENTAR INI…AKU TENGAH ADA DI KOTA MUARO BUNGO…ISTIRAHAT DULU DI SINI…BESOK PERJALANAN KE KERINCI AKAN KITA LANJUTKAN…MAKLUM..JALAN KE KERINCI HANCUR BANGET…PLUS JURANG-JURANG SERAM YANG SIAP MENERKAM…AKAN MENGERIKAN JIKA DILEWATI SAAT MATAHARI NGGA ADA…NAH..BEGITU NYAMPE DI RUMAH..SEMUA BARANG BERBAU SIGNAL SIAP DEH BERGELANTUNGAN DI PINTU TERTINGGI…BERJUANG MENANGKAP SINYAL YANG SUSAHNYA MINTA AMPUN DI DUSUNKU ITU..HIHI …BTW MET MUDIK JUGA YA PAK DE…SALAM BUAT KELUARGA NUN JAUH DI SANA…OYA..MAAFKAN DAKU JUGA KARENA NGGA BISA DATANG BUKA BARENG KEMARIN…SKALI LAGI..MAAF LAHIR BATHIN….

  4. hati2 dijalan,agar selamat sampai tujuan.

    ====>>> MAKASIH YA PAK…ALHAMDULILAH..SAAT MEMBALAS KOMENTAR INI…KAMI SUDAH SELAMAT MENEMPUH SEPARUH PERJALANAN ..BESOK PERJALANAN BERIKUTNYA AKAN BERLANJUT…DENGAN MEDAN YANG LEBIH GANAS…DIMANA AKAN BANYAK JURANG DI SISI KIRI DAN KANAN JALAN…. KALO KETEMU TRUCK ATAU BUS..SALAH SATU KENDARAAN HARUS MENGALAH MENUNGGU YANG SATU LEWAT..MAKLUM..LEBAR JALANNYA HANYA SEKITAR 7 METER….JADI JANGAN HERAN PAK…ORANG KERINCI LEBIH SENANG KE SUMATERA BARAT KETIMBANG KE KOTA PROVINSINYA SENDIRI YAITU KOTA JAMBI…KARENA JALAN KE JAMBI LEBIH SERAM…DOAIN BESOK KAMI NYAMAN DAN AMAN SAMPAI KE TUJUAN YA..MAAF LAHIR BATHIN PAK…SALAM BUAT KELUARGA DI SANA..

  5. Jangan lama lama pulangnya yah.. kalo saya kangen gimana?

    Saya sering sekali berkata kata yang tidak semuanya indah, kadang saya salah, mungkin riya, mungkin sedikit dusta … dan saya mohon untuk dimaafkan segala kesalahan saya yah🙂

    Minal aidin wal faidzin … maafkan saya lahir dan batin karena beginilah kewajiban kita sebagai hamba untuk meminta maaf dan memberi maaf.
    Rindu [a.k.a -Ade-]

    ====>>> SIP JENG…JADWAL CUTI JUGA NGGA PANJANG KOK🙂 …BTW..SAMA-SAMA YA..MAAF LAHIR BATHIN KEMBALI…SEMUA KESALAHANMU SDH KUMAAFKAN…..MET BERLEBARAN YA..

  6. selamat idul fitri..

    ====>>> SAMA-SAMA..MAAF LAHIR BATHIN YA PAK..

  7. Selamat menikmati hari raya idul fitri bersama keluarga besar di dusun. Sekalian bernostalgia dimanas kecil yang indah.

    Selamat Idul Fitri 1429 H
    Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Bathin

    Salam
    Yulis & Keluarga

    ====>>> SAMA-SAMA MBAK…SEMOGA MBA JUGA BERBAHAGIA MENIKMATI SUASANA LEBARAN DI SANA…MAAF LAHIR BATHIN TOO…

  8. Wihhh pasti asyik dan menyenangkan… ditunggu ceritanya ya………..

    Mat lebaran. Mohon maaf lahir dan batin…

    ====>>> IYA PAK…SRU BANGET..CUMA NGETIK KISAHNYA MASIH BELUM SEMPAT..HEHEHE

  9. Senangnya hati bisa berlebaran di dusun tercinta…Mohon maaf lahir dan batin ya mbak🙂

    ====>>> SAMA-SAMA BUK…IYA..SENANG BANGET…SERASA KEMBALI KE TAHUN 80 HAN DULU…

  10. we.e.e.e.e… saya pakai XL juga sendlap-sendlup di kampung…
    *ditunggu cerita terkini mbak!

    ====>>>WAHAHAHA,,,PADAHAL KONON KATANYA XL SOAL LAYANAN DATA JAUH LEBIH OKE LHO MAS…TERNYATA…SUSAH MENCARI PRODUK YANG BISA DIPERCAYA DI NEGERI INI…

    SABAR YA MAS..SKRG LG CARI WAKU BIAR BS SUSUN CERITANYA…HE…

  11. wah seneng ya bisa pulang kampung…

  12. wah asik bisa pulang kampung
    biasanya, sekembalinya ke jambi
    masih teringat ingat saja kejadian di kampung🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: