Mimpi Itu…Jadi Nyata….(part-1)

Tahun ini..Genap 5 Tahun aku jadi jurnalis/wartawan/repoter/what ever lah namanya. Sungguh! Ini adalah pekerjaan yang aku cita-citakan sejak kecil. Menggeluti profesi ini, bukan sedikit tantangan yang harus aku dihadapi…Hidup sangat tidak datar dibuatnya, semua berwarna, bergelombang, sangat bervariasi dan menggetarkan jiwa…

Flash Back Sebentar…He..Oktober 2004. Bulan inilah aku resmi mendapat gelar Sarjana Teknik Sipil dari sebuah Universitas Swasta yang sangat ternama di Sumatera, Universitas Bung Hatta. Luar biasa, gelar ini aku raih setelah kuliah enam tahun lamanya…lumayan lama untuk ukuran warga kampung sepertiku. Jika tetangga di desaku bisa menyelesikan S1-nya dalam kurun 3,5 hingga 5 tahun, aku malah melebihi mereka, Enam Tahun!

Aku menganggap itu wajar, kenapa? Pertama, aku adalah anak teknik, sepanjang sejarah, sebagian besar anak teknik memang kuliahnya lama..”Anak Teknik kuliahnya kan susah, banyak hitungan dan rumit angka-angkanya” alasan klise ini sedikit membela..he.

Kedua, selama kuliah yang enam tahun itu, empat tahun diantaranya aku habiskan bekerja sebagai penyiar di sebuah radio kota tempat aku kuliah, yaitu Kota Padang, Aku tak pernah lupa nama radio itu. BOOS FM. Radio yang awalnya pure jazz dengan segmen dewasa, lalu jadi radio anak muda, dan terakhir aku dapat kabar,,,bahwa radio itu telah jadi radio gado-gado alias semua musik masuk, konon ini terjadi karena udah beda pemegang saham. Apapun yang terjadi di sana sekarang,…aku tetap menganggap BOOS FM adalah jendela hidup….

Kembali ke Oktober 2004. Setelah wisuda, bulan ini pula aku memutuskan untuk berhenti jadi penyiar – pekerjaan yang membuat aku bahagia. Angkat kaki dari Kota Padang, dan mencoba berjuang menggunakan ijazah S1 Teknik Sipil-ku. Meski tak terlalu yakin, mengingat aku tak pernah punya good feeling dengan Ilmu Teknik Sipil, tapi aku mencoba untuk tak dulu memberontak, mencoba menyenangkan hati orang tua, dan akan berusaha jadi PNS saja….

Dan… jadilah aku, si pengangguran yang tengah sibuk ikut tes CPNS. Aku memilih Kabupaten Muko-Muko Provinsi Bengkulu sebagai wilayah tujuan bekerja. Tak terlalu jauh dari domisili orangtua ku yaitu Kabupaten Kerinci. Desember 2004…resmi pula lah aku sebagai peserta tes yang gagal jadi CPNS. Antara bahagia dan sedih, bahagia karena aku bisa punya kesempatan bekerja di media. Sedih, karena aku telah gagal menjadi anak yang membanggakan.

Januari 2005. Aku memutuskan untuk jalan-jalan ke Kota Jambi. Bersama seorang sahabat satu alumni, Lina, aku berkolaborasi sebagai sesama pencari kerja melakukan perjalanan, berencana memasukkan surat lamaran sebanyak-banyaknya. Berbeda dengan Lina yang bakatnya udah kental Teknik Sipil . Ketika itu aku malah sibuk memasukkan lamaran ke media massa, dengan posisi lamaran sebagai Reporter alias wartawan. (Sejak kapan aku mulai gemar menulis? Profil ku dalam blog ini mungkin cukup untuk menjelaskannya…)

Aku masih ingat persis, Jambi Ekspres, Jambi Independen, Posmetro Jambi dan TVRI Jambi, adalah media yang aku kirimkan lamaran ketika itu. Sementara, Lina, terlihat lebih semangat memasukkan lamaran ke kontraktor dan konsultan. Kami berdua juga memasukkan lamaran ke bank- bank swasta yang ada di Kota Jambi.

Asyik juga.. selama tiga hari, aku dan Lina serasa menjadi seleb saja..seleb angkot karena tak lelah naik turun angkot dari satu tempat ke tempat lain, dan seleb nyasar..karena nyasar melulu akibat tak terlalu hapal Kota Jambi…satu lagi, kita berdua juga jadi seleb keringat..karena selama tiga hari hampir selalu kebanjiran keringat akibat kepanasan kecapean mencari alamat….hahaha

Akhirnya…satu per satu surat lamaran mendapat respon. Masih Januari 2005, perdana aku mendapat panggilan dari Bank Bukopin, bank yang akhirnya mengagalkan kesempatanku menjadi seorang pegawai Bank. Aku memang kecewa, tapi dari hati yang paling dalam, aku lebih kecewa karena belum satupun dari empat media yang aku antar langsung surat nya, lamaran menaggilku untuk tes. Hingga suatu hari… beberpa minggu kemudian…aku mendapat telpon dari Jambi Ekspres..untuk mengikuti ujian tertulis…WOW!. ”Cita-cita ku selangkah lagi!” begitu aku berpikir saat itu.

Benar saja….lolos tes tertulis…beberapa hari kemudian aku langsung dapat telpon untuk tes wawancara. Dinyatakanlah, aku lulus…sudah boleh mulai terjun ke lapangan, meliput berita dan tercatat sebagai peserta training! Bersama sekitar 7 orang lainnya…Horeeeeeeee!…awal Februari 2005….aku resmi mulai bekerja.

Tapi..hayalan memang tak selalu sama dengan kenyataan…. tau apa yang terjadi di hari pertama aku bekerja? Astagafirullah…aku sangat kaget…ternyata menjadi seorang wartawan itu tidak gampang, susah, berat dan sangat tidak enak!..berbeda dengan hayalanku…bahwa jadi wartawan itu sangat mudah..tinggal buru informasi..tulis berita..lalu jadi lah sebuah koran…Ternyata..salah!…Pada tulisan berikutnya…akan kukisahkan dengan jelas tentang hari pertama aku bekerja….hari pertama aku sadar..ternyata menjadi wartawan itu sangatlah tidak mudah……(***)

~ by donapiscesika on June 29, 2010.

9 Responses to “Mimpi Itu…Jadi Nyata….(part-1)”

  1. mabak dah lama ngak ngeblog ya,,, manatap ni tulisannya,,, aku hanyut terbuai dalam tulian mbak.. salam kenal dan salm sukses selalu

    ====>>>> hahaha..iya….saya sering kangen menulis lagi di sini…dan itu akhirnya bisa terealisasi sekarang…semoga akan tetap bisa nulis…thanks ya saudaraku…

  2. Hemmm… jika dihitung si mbak ini sudah hampir 2 tahun tidak update blognya… Masih ingat dengan blognya ternyata😀

    ====>> iya…saya sangat malu sama blogger yang lain….sangat tidak konsisten…semoga ini akan jadi awal yang baik untuk tetap bisa ngeblog…semangat!

  3. Wellcome back to ranah maya mbak… dunia blogging… lama tak terdengar kabarnya … kayaknya lagi sibuk nih:mrgreen:

    ====>> thanks Bro Bujang….iya..sejak menikah..hamil…dan punya anak…saya terlalu egois dan melupakan blog….smoga itu tak lagi terjadi….padahal ada banyak ide dan kisah yang kini di kepala….aduh saya jadi malu sama blogger yang lain..swear!

  4. salam mbak dona saya fadns berat dengan tulisan mabak dona, sampai – sampai saya copas mabak, maaf ya mabak saya dulu udah minta izin tapi belum mbak konfirmasi,,, hehehe, tapi saya tetap masukin link mabk dona kok,, trims mabak buat artikel yang bermamfaat nya.
    Blogger Indonesia dukung internet aman, sehat & manfaat

    ====>>> salam kembali saudara ku….terimakasih telah mau membaca dan menerima tulisan-tulisan saya…saya sangat apresiasi itu…thanks….silahkan mengutip tulisan saya (asal tetap menyebutkan sumber yang jelas demi hak paten hehehe)….salam kenal kembali….senang kita bisa berkenalan….

  5. selamat blogging lagi mabak dona,,, wah dah di tunggu updete di blognya akhirnya updete juga,,,,,,, aku sangat menikmati tulisan mabak dona,,,, mantap deh,,,

    ====>>> hahaha..bisa aja..yg jelas aku senang ketemu semua teman2 blogger lagi…salam buat smua…

  6. hore di update lagi🙂

    ====>> Horeee ketemu lg🙂

  7. Blogwalking siang-siang,gan…

    http://www.anekakita.com
    Anekakita.com Tempat Belanja Termurah dan Terpercaya, Toko Pakaian dan Aksesoris Online

    ====>>> malam2 juga oke gan🙂

  8. tetep semangat. . . .

  9. wahhh …
    Keren-keran dah Artikelnya …
    Menjadi Motivasi buat yang Baca ..

    di Tunggu Kelanjutannya ^_^

Leave a Reply

 
